ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PGRI SOSOK

Penulis

  • Martha Niya FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN SOSIAL (F IPPS)
  • Kamaruzzaman Kamaruzzaman
  • Ema Sukmawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Proses pembelajaran online pada siswa kelas VII SMP PGRI Sosok, 2) Kesulitan siswa dalam pembelajaran online di kelas VII SMP PGRI Sosok, dan 3) Faktor penyebab kesulitan belajar online di kelas VII SMP PGRI Sosok, 4) Upaya guru BK mengatasi kesulitan belajar online di kelas VII SMP PGRI Sosok. Metode penelitian yg digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Hasil penelitian yaitu: faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam belajar online yaitu faktor kurang sinyal, dukungan dan fasilitas yang kurang mendukung, sedangkan hasil dari analisis angket secara keseluruhan yaitu memperoleh kategori “Sedang”. kesulitan belajar online siswa kelas VIIa tergolong dalam kategori “Sedang”, karena angka persentase hasil angket yaitu 42% dan kelas VIIb belajar online tergolong secara keseluruhan termasuk dalam kategori “Sedang”, karena angka analisis angket kesulitan belajar online siswa kelas VIIb secara keseluruhan memperoleh persentase hasil angket yaitu 39%. Kata Kunci: Layanan Informasi, Kesulitan belajar online  

Biografi Penulis

Martha Niya, FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN SOSIAL (F IPPS)

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengentahuan Sosial (F.IPPS) menyelenggarakan pendidikan yang berkarakter, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Referensi

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Moleong, L.J., 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Waryanto, N.H. 2006. Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Matematika, Vol. 2, No.1.

Andri Anugrahana. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, hal. 282-289

Didin Jamaluddin, dkk 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Linda Handayani. 2020. Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar), Vol. 1 No. 2 : Juli 2020.

Ria, Dkk. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Selama Masapan Demi Covid-19. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), Vol. 3 No. 3

Firman & Rahman, S. R. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 2(2), 81-89.

Jamaluddin. D, Ratnasarih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi.

Belawati, T. 2020. Pembelajaran Online. Banten : Universitas Terbuka

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-08

Cara Mengutip

Niya, M., Kamaruzzaman, K., & Sukmawati, E. (2022). ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PGRI SOSOK. BIKONS : JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 2(1), 1–6. Diambil dari https://jurnal.fipps.upgripnk.ac.id/index.php/BK/article/view/109

Terbitan

Bagian

VOL.2 NO. 1 Tahun 2022