PROFIL MOTIVASI BELAJAR SISWA SAAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PONTIANAK

Penulis

  • Ulya Rahmaniah
  • Ameliya Atika
  • Hendrik .

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara detail bagaimana kondisi objektif mengenai profil motivasi belajar siswa saat mengikuti pembelajaran daring di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian survey. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan wawancara dan Skala Psikologi dibagikan menggunakan GoogleForm agar mudah akses siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa Kelas XI MIPA dan pengelompokkan perempuan dan laki-laki secara keseluruhan masuk kedalam kategori “Cukup” dengan rentang persentase sebesar 60,41%- 64, 47%. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring

Biografi Penulis

Ulya Rahmaniah

Martin, M.PdDosen Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak

Referensi

Bertha Jedia (2014). “Analisis Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Koperasi Pontianak”. Skripsi S1 IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan

Dede Rahmat Hidayat dan Aip Badrujaman. (2012). Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Indeks

Hamid Darmadi. (2014). Metedologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom : Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1–14. https://doi.org/10.1177/0047239518788278.

Sardiman. A.M (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers

Sunyoto Danang dan Burhanudin (2011) . Perilaku Organisasional. Jakarta. CAPS

Yani F, Irfan F, Mia Z (2020) Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19 Jurnal : Universitas Kuningan

Zuldafrial. (2009). Pendekatan Penelitian dan teknik Penulisan Karya Ilmiah. Pontianak: Pustaka Budaya.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-02

Cara Mengutip

Rahmaniah, U., Atika, A., & ., H. (2021). PROFIL MOTIVASI BELAJAR SISWA SAAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PONTIANAK. BIKONS : JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 1(1), 39–47. Diambil dari https://jurnal.fipps.upgripnk.ac.id/index.php/BK/article/view/53

Terbitan

Bagian

Vol.1 No. 1 Tahun 2021