PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MASA NEW NORMAL

Penulis

  • Devi Herlinda

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui tentang penggunaan media sosial pada layanan bimbingan dan konseling siswa kelas X IPA SMA Santun Untan Pontianak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan deskriptif. Teknik kominikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan studi dokumenter. Alat pengumpul data angket dan  pedoman wawancara. Deskripsi hasil wawancara dan analisis data angket dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Sosial Pada Layanan Bimbingan dan Konseling Siswa Kelas X IPA SMA Santun Untan Pontianak dikategorikan “Cukup”. Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) presentase untuk aspek Media Sosial Pada Layanan bimbingan dan konseling adalah sebesar 61,80% dengan kategori “cukup”. 2) Hambatan penggunaan media sosial pada layanan bimbingan dan konseling adalah sebesar 61,90% dengan kategori “cukup”. 3) Upaya mengatasi hambatan penggunaan media sosial pada layanan bimbingan dan konseling adalah sebesar 66,66% dengan kategori “cukup”. Kata Kunci : Media Sosial, Layanan Bimbingan dan Konseling

Biografi Penulis

Devi Herlinda

Martin, M.PdDosen Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak

Referensi

Afryanto, Derry. “ Analisis Penggunaan Media Audio Visual Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling Pada Pelaksanaan Layanan Informasi Di Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mempawah Hilir ”. (2015).

Daryanto, & Farid, Muhammad (2015). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta.

Gava Media Fadhila, Nabila, & Darminto, E. (2020). Meningkatkan Minat Memanfaatkan Layanan

Bimbingan Dan Konseling Melalui Penggunaan Media Bimbingan Dan Konseling.

Jurnal BK UNESA, 11(4).

Firda, E., & Atikah, J. F. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling Ditengah Pandemi COVID-19. Pd Abkin Jatim Open Journal System, 1(1), 490-494.

Nursalim, Mochamad. 2013. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta. PT Indeks

Rustam. (dkk). 2020. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Pontianak. IKIP PGRI PONTIANAK PRESS

Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala- Jurnal Humaniora, 16(2).

Sindang, E. (2013). Manfaat Media Sosial dalam Ranah Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta: Pusdiklat KNPK.

Sukardi, Dewa Ketut & Kusmawati, Nila (2008). Proses Bimbingan dan KOnseling di Sekolah. Jakarta. PT Rineka Cipta

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-01

Cara Mengutip

Herlinda, D. (2021). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MASA NEW NORMAL. BIKONS : JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 1(1), 48–56. Diambil dari https://jurnal.fipps.upgripnk.ac.id/index.php/BK/article/view/55

Terbitan

Bagian

Vol.1 No. 1 Tahun 2021