ANALISIS PENGUASAAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI DI IKIP PGRI PONTIANAK TAHUN 2018 SEBAGAI CALON PENDIDIK

Authors

  • Dian Wardani Program Studi Pendidikan Geografi
  • Novita Sariani Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak
  • Yoga Prasetya Adi N Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/.v2i2.118

Keywords:

Kompetensi calon pendidik, program studi pendidikan geografi

Abstract

Guru adalah unsur manusiawi dalam pendidikan. Guru adalah figur manusia sumber yang menempati posisi dan memegang peran penting dalam pendidikan Diperlukan guru yang kreatif, professional, dan menyenangkan, sehingga mampu menciptakan iklim pembelajaran yang menantang, dan mampu membelajarakan dengan menyenangkan. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak, merupakan calon guru , Guru professional adalah guru yang mampu menguasai empat kompetensi utama seorang guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah: menilai tingkat kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak angkatan 2018 dalam pemahamannya tentang empat kompetensi utama yang harus dikuasai seorang guru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2018 dalam memahami kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi Angkatan 2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa secara umum mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Angkatan 2018 dalam pemahaman terhadap kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial sudah baik, sehingga mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Angkatan 2018 sudah menguasai dan memahami keempat kompetensi sebagai calon pendidik berdasarkan dari hasil pengalaman magang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dian Wardani, Program Studi Pendidikan Geografi

Rika Angela, M.PdDosen Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak

References

Abd. Rahman, Fuad. 2011. “Pengembangan Profesionalitas Guru” dalam Modul A Pengembangan Profesionalisme Guru. UNSRI Palembang.

Aqib, Zainal, 2002, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran, Penerbit Insan Cendekia.

Aqib, Zainal, 2007, Membangun Profesional Guru dan Pengawas Sekolah, CV. Yrana Widya Bandung.

Arty, Budy. 2011. Kompetensi Profesional & Pedagogik Guru Biologi SMA N di Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Danim, Sudarwan, Khairil. 2015 . Profesi Kependidikan. Bandung : Alfabeta.

Daradjat, Zakiah, Dr. 1980, Keperibadian Guru, Penebit Bulan Bintang, Jakarta.

E. Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007), h. 38

Edi Suardi, Pedagogik, (Bandung: Angkasa OFFSET 1997), h. 113

Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Cetakan keempat. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono,Rudi, dkk. (2016). Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang Dalam Menghadapi Praktik Pengalaman Lapangan Tahun 2015. Jurnal Edu Geography Volume 4 No. 1.

Hasbullah. 2006. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Grafindo.

Ifrianti, S. (2018). Membangun Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Melalui Lesson Study. Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5.(1).

Imron, Ali.1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya

J. Moleong, Lexy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Joni, T. Raka. 1988. Pengembangan Kurikulum IKIP/FIP/FKG: Suatu Kasus Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: P3G Depdikbud

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu.

Kunandar. 2007. Guru Profesional: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Grafindo

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2005. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Cetakan kedua. Bandung: Rosdakarya

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Wardani, D., Sariani, N., & Adi N, Y. P. (2022). ANALISIS PENGUASAAN KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI DI IKIP PGRI PONTIANAK TAHUN 2018 SEBAGAI CALON PENDIDIK. GEO KHATULISTIWA, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.31571/.v2i2.118

Issue

Section

Vol. 2 No.2 Tahun 2022