PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 SANGGAU LEDO KABUPATEN BENGKAYANG

Penulis

  • Risnawati Risnawati
  • Donny Andrasmoro
  • Rosanti Rosanti

DOI:

https://doi.org/10.31571/.v2i2.141

Kata Kunci:

Model Learning Together, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Tujuan umum penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model learning together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model learning together terhadap hasil belajar  siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. Sub masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model learning together pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang.  2) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model learning together pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. 3) Apakah terdapat pengaruh model learning together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau ledo Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Exsperimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran, teknik studi dokumenter dengan cara mengumpulkan melalui peninggalan tertulis, terutama berupa arsipan-arsipan dan termasuk berupa buku-buku tenyang pendapat, teori hukum-hukum dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah pendidikan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah untuk menjawab sub masalah 1 dan 2 menggunakan rumus mean dan untuk menjawab sub masalah 3 menggunakan rumus Lilliefors, rumus uji Fisher dan rumus uji-t. Hasil penelitian secara umum dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan dengan penerapan model learning together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo yaitu dengan kategori baik. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Risnawati Risnawati

Rika Angela, M.PdDosen Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak

Referensi

Agung, Mulyo. 2008. Pengantar Ilmu Kebumian. Bandung: Pustaka Setia

Asep, Jihad & Abdul, Harris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Broto Subrdja. 2002. Cooperative Learning. Surabaya: Surabaya Press.

Buchori, Mochtar. 2006. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Ikip Muhammadiyah. Jakarta Press.

Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta.

Hadari Nawawi. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta: Gajahmada Universitas Press.

Hadari Nawawi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabrta.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Press.

Muhammad Ridwan. 2015. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

Nana, Sujana. 2005. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nana, Sujana. 2010. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nana, Sujana. 2014. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Grafindopersada.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-29

Cara Mengutip

Risnawati, R., Andrasmoro, D., & Rosanti, R. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 SANGGAU LEDO KABUPATEN BENGKAYANG. GEO KHATULISTIWA : JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI DAN PARIWISATA, 2(2), 53–61. https://doi.org/10.31571/.v2i2.141

Terbitan

Bagian

Vol. 2 No.2 Tahun 2022