MENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMAN 1 BELIMBING

Penulis

  • Nia Daniati
  • Halida Halida
  • Wira Miharja

DOI:

https://doi.org/10.31571/.v2i2.142

Kata Kunci:

, Supervisi Akademik Meningkatkan Kompentesi Guru

Abstrak

Guru adalah unsur manusiawi dalam Setiap proses pasti selalu meliputi tiga kegaiatan utama yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.  Demikian pula yang terjadi dengan proses belajar mengajar di sekolah. Seorang guru diharuskan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Proses perencanaan pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang guru meliputi kegiatan utama sebagai berikut: 1. Membuat program tahunan, 2. Membuat silabus, 3. Membuat program semester, 4. Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, 5. Dan membuat program ulangan/evaluasi. Dari kelima unsur tersebut di atas, silabus dan RPP merupakan persiapan paling minimal seorang guru ketika hendak mengajar. Berdasar kepada hasil analisa pada tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Negeri 1 Belimbing, muncul permasalahan rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus dan RPP. Untuk meneliti lemahnya kinerja guru dalam hal tersebut, dilakukanlah penelitian untuk melihat sejauhmana langkah supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nia Daniati

Rika Angela, M.PdDosen Prodi Pendidikan Geografi, Fakultas IPPS IKIP PGRI Pontianak

Referensi

Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2010. Supervisi Akademik; Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah; Jakarta: Depdiknas.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E., 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep,Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sapari, Achmad. 2002. Pemahaman Guru Terhadap Inovasi Pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-29

Cara Mengutip

Daniati, N., Halida, H., & Miharja, W. (2022). MENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMAN 1 BELIMBING. GEO KHATULISTIWA : JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI DAN PARIWISATA, 2(2), 62–71. https://doi.org/10.31571/.v2i2.142

Terbitan

Bagian

Vol. 2 No.2 Tahun 2022