PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD PADA MATERI KONSEP DASAR GEOGRAFI DI KELAS X SMAN 01 SELAKAU KABUPATEN SAMBAS

Penulis

  • Nur Anisa IKIP PGRI PONTIANAK
  • Rika Anggela IKIP PGRI PONTIANAK
  • Rosanti santi IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/.v2i3.148

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Motivasi, Media Flashcard

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa menggunakan media flashcard pada materi konsep dasar geografi di kelas X SMAN 01 Selakau Kabupaten Sambas. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan bentuk penelitian yang digunakan kolaborasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS dan sampelnya adalah kelas X IPS 2 sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan tes berbentuk soal esay, sedangkan alat pengumpulan data berupa panduan observasi, lembar soal esay, lembar angket dan dokumentasi. Hasil belajar tersebut menyatakan bahwa Siklus I mencapai rata- rata ketuntasan belajar klasikal 48,57% (Katagori Kurang) dan rata – rata hasil angket motivasi siklus I mencapai 64,60317% (Katagori Sedang) sedangkan hasil belajar siklus II mencapai rata – rata ketuntasan belajar klasikal mencapai 77,14% (Katagori Baik) dan rata – rata hasil angket siklus II mencapai 80,31746% (Katagori Tinggi). Berdasarkan hasil perhitungan dapat dibuktikan bahwa  menggunakan media flashcard terdapat peningkatan  hasil belajar dan motivasi siswa pada materi konsep dasar geografi di kelas X IPS 2 SMAN 01 Selakau. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abadi, Nabillah. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Karawang.

Hayatun Fitri, A. W. (2017). penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan menggunakan media pembelajaran flashcard dan flipchart untuk meningkatkan hasil belajar IPS terpadu siwa kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Jurnal Ilmiah , 44 - 58.

Khodijah, Nyayu. (2017). Psikologi Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Sani, Berlin & Kurniasih Imas. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Kata Pena.

Suprihatin, Siti.(2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa .Sitisuprihatin43@yahoo.com.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-22

Cara Mengutip

Anisa, N., Anggela, R., & santi, R. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD PADA MATERI KONSEP DASAR GEOGRAFI DI KELAS X SMAN 01 SELAKAU KABUPATEN SAMBAS. GEO KHATULISTIWA : JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI DAN PARIWISATA, 2(3), 19–26. https://doi.org/10.31571/.v2i3.148

Terbitan

Bagian

Vol. 2 No.3 Tahun 2022