PENGGUNAAN MEDIA PETA OLEH GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII SMA NEGERI 1 GALING KEBUPATEN SAMBAS

Authors

  • Mentari Mentari IKP PGRI PONTIANAK
  • Wiwik Cahyaningrum IKIP PGRI PONTIANAK
  • Evil Evilianto IKIP PGRI PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.31571/.v2i3.150

Keywords:

Penggunaan, Media Peta, Mata Pelajaran Geografi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan media peta oleh guru mata pelajaran geografi di kelas XII SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas diterapkan untuk mengetahui atau memperoleh kejelasan, gambaran tentang Penggunaan Media Peta Oleh Guru Mata Pelajaran Geografi Kelas XII SMA Negeri 1 Galing Kebupaten Sambas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif anatik, artinya peneliti akan melakukan penganalisisan lebih dalam terkait dengan penggunaan media peta dalam mata pelajaran geografi. Subjek dalam penelitian saya ini adalah kelas XII SMA Negeri 1 Galing Kabupaten Sambas dikategorikan“Baik”. Sedangkan secara khusus dapat dirincikan sebagai berikut: 1) Penggunaan media peta oleh guru mata pelajaran geografi memperoleh katagorikan “Baik” memperolah persentase sebesar 77%.2) Faktor yang menjadi kendala dalam penggunaan media peta peta yaitu Kesulitan dalam menyesuaikan media peta dengan materi. Kesulitan dalam mencari bahan dan alat, keterbatasan jaringan informasi (jaringan internet), keterbatasan anggaran dari pihak sekolah, kekurangan fasilitas dari pihak sekolah. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah,s. (2012). Media pembelajaran. Surakarta: YumaPustaka

Arifin, Aji. (2016) Geografi peminatan ilmu-ilmu sosial, Karanganyar: Mediatama

Arikunto,suharmisi.(2011). Pengelolaan kelas dan siswa sebuah pendekatan evaluative. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad,Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pres.

Azmi Fauzi, (2021). Penggunaan Peta dalam Pemelajaran disekolah 008 Kecamatan Rentah

Diknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.

Djamarah, Syaiful. B. (2013). Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Jihat. Dkk.(2012). Evaluasi Pembelajaran. Yokyakarta: Multi Presindo.

Rusby, Zulkifli.dkk. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al.Hikmah, 14,(1), 18-37

Sadiman, Arif. S. dkk (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Setiawan Agus, (2018). Kajian Penggunaan Peta Sebagai Media Pembelajaran disekolah Menengah Atas Kabupaten Banyumas

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Utomo. (2011). Pemanfaatan Media Peta Dalam Proses Ips Geografi Pokok Pembahasan Negara Berkembang Pada

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Mentari, M., Cahyaningrum, W., & Evilianto, E. (2022). PENGGUNAAN MEDIA PETA OLEH GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XII SMA NEGERI 1 GALING KEBUPATEN SAMBAS. GEO KHATULISTIWA, 2(3), 53–64. https://doi.org/10.31571/.v2i3.150

Issue

Section

Vol. 2 No.3 Tahun 2022