PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROSFER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION (AIR) DI KELAS X IPS 1 SMA SANTO FRANSISKUS ASISI PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.31571/.v3i1.176Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR), HidrosferAbstract
Downloads
References
Aqib, Zainal . 2017. PTK TK/SD/SMP/SMA/SMK/SLB/PTS. Yogyakarta. Ar-Ruzz
Aqib, Zainal. 2014. PTK Untuk Guru. Bandung. Yrama Widya. Cetakan VII
Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya : Penerbit InsanCendekia
Aqib, Zainal.2017. PTS (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta. Andi.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Naional Pendidikan, Jakarta.
Dimyati,dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Dirjen Didaksmen. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Bahan Penataran untuk Instruktur. Malang : PPPG IPS dan PMP.
Elinawati, W., Hilarius Jago Duda, Hendrikus Julung, Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa, Jurnal Sainsmat, 2018: 7 (1): 13-24.
Guru, M. P. L. P. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya. UNesa Modul Pendidikan Latihan Profesi Guru, 1(2), 24-36.
Hamalik,Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Huda, M. (2003). Model – model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemdiknas, 2011, Membimbing Guru Dalam PTK. Jakarta.
KKBI, 2016. Pengertian Guru Sebagai Pendidik.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Kusumah, Penelitian Tindakan Kelas, (Yogyakarta: Shira Media,2010), hal.83.
Madya, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Bagian I, II, III. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Najib Sulhan. 2011. Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa.
Sambodo, Made Ari, 2007 Proposal PTK, Malang. SMA Laboratorium UM
Suharsimi Arikunto, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
Supardi. (2005). Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disampaikan pada “Diklat PengembanganProfesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menegah, Departemen Pendidkan Nasional. Surabaya : PT Temprina Media Grafika.
Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Dirjen Didaksmen, 2721-2572.
Widayanti, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
di jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi menawarkan semua penulis artikel jurnal memungkinkan penelitian mereka tersedia secara terbuka, bebas akses dan batasan waktu.
Semua artikel yang diterbitkan Akses Terbuka akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang. Di bawah lisensi IKIP PGRI Pontianak, penulis mempertahankan kepemilikan hak cipta atas artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar. Pengguna (redistributor) Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi wajib mencantumkan sumber asli, termasuk nama penulis, Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume dan DOI (jika ada).
 
						 View: 233
  View: 233
                                                                                                                            Download: 130
 Download: 130
                                                                                  				
					 





