STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 01 TUMBANG TITI

Penulis

  • Fransiska Ernes
  • Novita Sariani
  • Paiman Paiman

DOI:

https://doi.org/10.31571/.v3i2.215

Kata Kunci:

Strategi Pembelajaran, Keefektifan Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Strategi pembelajaran dalam meningkatkan keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 01 Tumbang Titi, 2) Dampak terhadap siswa dalam strategi pembelajaran pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 01 Tumbang Titi Kabupaten Ketapang, 3) Terdapat peningkatan keefektifan belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 01 Tumbang Titi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Peneltian ini dilaksanakan di SMA Negeri 01 Tumbang Titi dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini, siklus I dan siklus II. Pada siklus I mengalami peningkatan presentase pencapaian KKM 30% dengan nilai rata-rata 70, siswa yang mecapai KKM 12 siswa, dan yang belum mencapai KKM 8 siswa, maka target belum tercapai, oleh karena itu dilanjutkan pada siklus II, pada siklus II juga mengalami peningkatan KKM 75% dengan nilai rata-rata 78,5 siswa yang mencapai KKM 15 siswa, sedangkan yang belum mencapai KKM 5 siswa, dengan demikian target pencapaian KKM 75 dengan pencapaian presentase 75% sudah tercapai, walaupun ada beberapa siswa yang belum melaksanakan prentase karena sakit, tetapi target sudah tercapai maka penelitian berhenti pada siklus I

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Ernes, F., Sariani, N., & Paiman, P. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 01 TUMBANG TITI. GEO KHATULISTIWA : JURNAL PENDIDIKAN GEOGRAFI DAN PARIWISATA, 3(2), 18–23. https://doi.org/10.31571/.v3i2.215

Terbitan

Bagian

Vol. 3 No.2 Tahun 2023