PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Olvyera Yulanda Putri
  • Norsidi Norsidi
  • Wiwik Cahyaningrum

DOI:

https://doi.org/10.31571/.v3i2.219

Keywords:

Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Penggunaan media pembelajaran teka teki silang, 2) Hasil Belajar siswa pada materi dinamika penduduk, 3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran teka teki silang . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk pre-eksperimen design dan rancangan penelitian one group pretest-postest design.. Hasil penelitian setelah diterapkannya media pembelajaran teka-teki silang sekolah mengalami peningkatan dengan hasil pretest rata-rata nilai siswa 65 dan hasil posttest dengan rata-rata nilai 88.5. Berdasarkan uji normalitas untuk seluruh data kelas X MIPA 3 maupun pretest dan postest menujukan bahwa nilai sig. Shapiro wilk nilai signifikansi 0,006>0,5 maka dapat disimpulkan bawa nilai residual berditribusi normal. Dan nilai sig 0,028>0,05 maka varian dari dua data tersebut dikatakan Homogen. Sedangkan t-tabel dengan signifikasi sebesar 0,002, yang berarti kurang dari 0,05 (0,002<0,05) dan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,207 > 2,039) maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima jadi dapat disimpulkan pengaruh media pembelajaran teka-teki silang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi dinamika hidrosfer di kelas X SMA Negeri 1 Nanga Pinoh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, B. S dan Zain, A. (2013 ).

Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif.

Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah,

(33), 84.

https://doi.org/10.18592/alhadharah.v

i33.2374

Sugiyono. (2011). Memahami Penelitian

Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran

Kosakata. Bandung: Angkasa

Sudjana, N. (1989). Penelitian Proses

BelajarMengajar. Remaja Rosda

Karya. Bandung

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Putri, O. Y., Norsidi, N., & Cahyaningrum, W. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. GEO KHATULISTIWA, 3(2), 48–52. https://doi.org/10.31571/.v3i2.219

Issue

Section

Vol. 3 No.2 Tahun 2023