ANALISIS KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 GALING
DOI:
https://doi.org/10.31571/.v4i2.341Keywords:
Kurikulum Merdeka, Kesiapan Guru GeografiAbstract
Downloads
References
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Ansumanti. (2022). Persiapan Guru Dalam Melaksanakan Sistem Pembelajaran Merdeka Belajar Di SDN 140 Seluma Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 1–6.
Anggraena, dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (1st ed.). Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Arif Munandar. (2012). Pengantar Kurikulum. Yogyakarta, CV Budi Utama.
Ayundasari, L. (2022). IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTIDIMENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM MERDEKA. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 16(1), 225. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p225-234
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). MERDEKA BELAJAR: KAJIAN LITERATUR.
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. 1(1).
Inayati, U. 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293 – 304.
Karso. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019, 12(1), 384.
Kemdikbudristek. (2022). Permendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang pedoman penerapan kurikulum merdeka dalam rangka pemulihan pembelajaran. In Kemdikbudristek.
Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819
Muhamad Zaini. (2009). Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta, Teras.
Mardika, T. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG SISWA KELAS 1 SD. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049
Mulyasa. (2015). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3032
Rahmawati, R,F. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK ABA V Gondangmanis Kudus. International Conference On Islamic Education. Volume 2. PP 1-10.
Sari , I., & Gumiandari, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pasca Pembelajaran Daring Di SMKN 2 Cirebon . Journal of Education and Culture, 2(3), 1–11. https://doi.org/10.58707/jec.v2i3.267
Wijaya, A., Mustofa, Moh. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50. https://doi.org/10.15294/puruhita.v2i1.42325
Wote, A. Y. V., & Sabarua, J. O. (2020). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
di jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi menawarkan semua penulis artikel jurnal memungkinkan penelitian mereka tersedia secara terbuka, bebas akses dan batasan waktu.
Semua artikel yang diterbitkan Akses Terbuka akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang. Di bawah lisensi IKIP PGRI Pontianak, penulis mempertahankan kepemilikan hak cipta atas artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar. Pengguna (redistributor) Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi wajib mencantumkan sumber asli, termasuk nama penulis, Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume dan DOI (jika ada).
 
						 View: 137
  View: 137
                                                                                                                            Download: 320
 Download: 320
                                                                                  				
					 





