ANALISIS MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Ocktavia Rochanita
  • Pitalis Mawardi Baging
  • Rosanti Rosanti

DOI:

https://doi.org/10.31571/.v4i3.381

Keywords:

Kata kunci, Motivasi belajar, pembelajaran geografi, faktor-faktor motivasi, peran guru.

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan menganalisis motivasi siswa dalam pembelajaran geografi di Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Motivasi belajar siswa adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar, dan penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi tersebut serta upaya guru dalam membangkitkannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan bentuk studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan wawancara yang disebarkan kepada siswa, guru geografi, dan waka kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan motivasi siswa dalam pembelajaran geografi dipengaruhi oleh faktor internal yaitu siswa ingin mencapai keberhasilan, dan siswa terdorong serta merasa butuh untuk belajar serta faktor eksternal seperti metode pengajaran yang digunakan oleh guru, adanya pemberian apresiasi, dan lingkungan belajar. Guru memainkan peran penting dalam meningkatkan motivasi siswa dengan metode dan strategi pembelajaran yang relevan, memberikan apresiasi atas pencapaian siswa, dan mengelola kelas dengan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aksa, F. I., Utaya, S., & Bachri, S. (2019). Geografi dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1), 43-47.

Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 572–582.

Hadi, A., Asrori,& Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Banyumas: Penerbit CV. Pena Persada.

Purba, E. F., & Simanjuntak, P. (2012). Metode Penelitian. Medan: Universitas HKBP Nommensen.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41.

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitiatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sucia, V. (2016). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Komuniti, 8(2), 112-125.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Rochanita, O., Baging, P. M., & Rosanti, R. (2025). ANALISIS MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. GEO KHATULISTIWA, 4(3), 226–236. https://doi.org/10.31571/.v4i3.381

Issue

Section

Vol. 4 No. 3 Tahun 2024