PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA GEOGRAFI DI KABUPATEN SAMBAS

Authors

  • Fera Fera
  • Ajun Purwanto

DOI:

https://doi.org/10.31571/.v1i1.49

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan game online Kahoot terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran geografi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendapatkan informasi yang lebih objektif tentang hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan game online Kahoot, pengaruh penggunaan game online Kahoot terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 2 Tebas Kabupaten Sambas. Metode yang adalah metode eksperimen, bentuk penelitian Pre-eksperimen dan rancangan penelitian One- Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpul data menggunakan teknik Pengukuran dan dokumenter. Alat pengumpul  data yaitu tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas, penentuan sampel menggunakan sampling purposive, sehingga terpilih kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Tebas. Teknik pengukuran data dengan tes pilihan ganda. Hasil uji hipotesis diperoleh rata-rata hasil belajar siswa menggunakan game online Kahoot  60.14. analisis T-Test diperoleh t 3,594 ˃2,052. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti “terdapat perbedaan pada hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan game online Kahoot siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 2 Tebas. Kata kunci : Game Online Kahoot, hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X (Skripsi). Tersedia dari http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/SKRIPSI%20CAHYA%20KURNIA.pdf.

Kaunang, S. E. (2020). Interesting Learning Model Using Kahoot Application As A Learning Evaluation Material Of Student. Dinamika Pembelajaran : Jurnal Imiah Pembelajaran Vol 2, Juni 2020, 42-49.

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran. Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial” (p. 220). Kudus: Universitas Muria Kudus.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-10-02

How to Cite

Fera, F., & Purwanto, A. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA GEOGRAFI DI KABUPATEN SAMBAS. GEO KHATULISTIWA, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.31571/.v1i1.49

Issue

Section

VOL 1 NO. 1(2021)