PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI KELAS X IPS 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PONTIANAK KALIMANTAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.31571/.v2i1.78Keywords:
Team Games Tournament dan Hasil BelajarAbstract
Downloads
References
Agustini, N. M., Dibia, I. K., & Suartama, I. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Arikunto, S. (2015). dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Damarwan, E. S., Haryanto, H., & Tara, L. (2018). The Effect of Problem Based Learning and Teams Games Tournaments Model to Improve Competencies. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 137–146.
Kamaruddin, S., & Yusoff, N. M. R. N. (2019). The Effectiveness of Cooperative Learning Model Jigsaw and Team Games Tournament (TGT) towards Social Skills. Creative Education, 10(12), 2529–2539.
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., & Dewi, E. R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas VIII MTs N 1 Semarang. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 6(2).
Listyarini, D. W., As'ari, A. R., & Furaidah, F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Dengan Permainan Halma Pada IPA di Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 645–652).
Moore, K. D. (2014). Effective instructional strategies: From theory to practice. Sage Publications.
Ramadiana, A., In'am, A., & Kusumawardana, A. S. (2019). The Effect of Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT) on Creativity and Comprehension the Student's Concept in Mathematics Learning. MEJ (Mathematics Education Journal), 3(1), 17–24.
Retnawati, H., Kartowagiran, B., Arlinwibowo, J., & Sulistyaningsih, E. (2017). Why Are the Mathematics National Examination Items Difficult and What Is Teachers' Strategy to Overcome It?. International Journal of Instruction, 10(3), 257–276.
Rochmanto, Y. (2015). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII dengan Memanfaatkan Facebook sebagai Media Pembelajaran. Journal of Educational Social Studies, 4(1).
Semaranatha, I. M., Mardana, I. B. P., & Rapi, N. K. (2017). Tindak Guru Fisika Dalam Penerapan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Sawan. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 10(1), 49–59.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering students' attitudes and achievement in probability using teams-games-tournaments. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 59–64.
Zulfaidhah, Z., Palenewen, E., & Hardoko, A. (2018). Needs Analysis in the Problem Based Learning (PBL) Model Tools and Problems Regarding 7th Grade Students' Science Learning Outcome at SMPN 2 Bongan. BIODIK, 4(1), 48–59.
Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Batang Hari. BIODIK, 5(3), 273–285.
Baleendah, A. A., & Rodiah, I. S. (2017). Hubungan antara kepemimpinan efektivitas guru dalam pembelajaran dengan kreativitas siswa (studi pada siswa kelas xi di madrasah aliyah assalam baleendah), 17(2), 126–137
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
di jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi menawarkan semua penulis artikel jurnal memungkinkan penelitian mereka tersedia secara terbuka, bebas akses dan batasan waktu.
Semua artikel yang diterbitkan Akses Terbuka akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang. Di bawah lisensi IKIP PGRI Pontianak, penulis mempertahankan kepemilikan hak cipta atas artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar. Pengguna (redistributor) Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi wajib mencantumkan sumber asli, termasuk nama penulis, Geo Khatulistiwa : Jurnal Pendidikan Geografi sebagai sumber awal publikasi, tahun publikasi, nomor volume dan DOI (jika ada).
 
						 
							 View: 84
  View: 84
                                                                                                                            Download: 100
 Download: 100
                                                                                  				
					 





