PEMANFAATAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMA NEGERI 1 TAYAN HULU KABUPATEN SANGGAU
Abstrak
Referensi
Alfansyur, A., & Mariyani. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis ICT “Kahoot” dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol. 6, No. 2, 208-216. Diakses pada 3 Januari 2022 dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/10118
Arsyad, Azhar. (2017). “Media Pembelajaran”. Jakarta: Rajawali Pers.
Benaziria. (2018). Pengembangkan Literasi Digital Pada Warganegara Mutu dalam Pembelajaran PPKn Melalui VCT. Vol. 10, No. 1, 11-20.
Bani, & Dewi. (2021). Pentingnya Pendidikan kewarganegarrn juga penerapan dan relevansi dalam kehidupan di era teknologi generasi melenial. Jurnal.syntak-idea.co.id
Creswell, J.W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative research. 4th Ed. United States of America. Boston, MA: Pearson Education, Inc.
Darmadi, Hamid. 2013. Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Ferismayanti. (2012). Mengoptimalkan pemanfaatan google site dalam pembelajaran jarak jauh oleh: Ferimayanti, M.Pd. 1-12.
Hidayat, H., Nurhasanah, D. S., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar di dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. Vol. 8, No. 2,
Iftakhar, Shampa. (2016). “Google Classroom : What Works and How?. Retrieved Februari 25, 2021, From Jurnal Of Education and Sosial Sciances.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Perss.
Khairoh, N., Munoto., & Anifah, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol. 10, No. 2, 97-110. Diakses pada 3 Januari 2022 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/13986
Lichtman. M. (2013). Qualitative Research in Education: A User’s Guide. (Third Edition). Los Angeles: Sage Publications, Inc.
Moad & Nur, S. (2021). Penerapan Model Blended Learning dengan Pemanfaatan Google Class Pada Mata Kuliah Pendidikan HAM Di Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 5, No. 1, 87-96. Diakses pada 9 Februari 2022 dari http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/kewarganegaraan/article/view/2578
Munir. 2017. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta
Nirfayanti., & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1, 50-59. Diakses pada 3 Januari 2022 dari https://e-journal.my.id/proximal/article/download/211/173/
Octavia, A, S. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Pinandhito, Kenneth dkk. (2020). “How I Use Google Classroom as a Teacher and Student”. Jawa Barat: CV Jejak.
Rosilawati. T. (2014). Supervise Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru Menyusun Perangkat Persiapan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tindakan Sekolah dan Kepengawasan. Vol. 1, No. 2. Diakses pada 3 Agustus 2022.
Sabran & Sabara, E. Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Prosiding Seminae Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar. ISBN: 978-602-5554-71-1.
Shaharanee, Lidia dkk. (2019). “The Application of Google Classroom as a Tool for Teaching and Learning”. Retrieved oktober 2020, from Jurnal of Telecommunication, Electronic and Computer Engineering: https://www.researchgate.net/publication/313717807_The_Application_of_Google_Classroom_as_a_Tool_for_Theaching_and_Learning
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Sutriyanto. (2009). Faktor Penghambat Penmbelajaran. Yogyakarta: FTIK UNY
Download: 166