PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU
Kata Kunci:
Kata Kunci, Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, dan Hasil BelajarAbstrak
Referensi
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (2008). Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Gentara, Asep Sahid dan Subhan Sofhian. (2012). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Civic Education). Bandung: Fokusmedia.
Huda, M. (2014). Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. (2010). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Jacobsen, David A dkk. (2009). Methods For Teaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan belajar Siswa TK –SMA (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Martati, Badruli. (2010). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Strategi Penanaman Nilai. Bandung: Genesindo.
Rahmawati. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Shared Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan hasil Belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pemangkat (SKRIPSI). Pontianak: IKIP PGRI PONTIANAK.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Subana, M dan Sudrajat. (2000). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Jakarta: Pustaka Setia.
Subana, M dan Sudrajat. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
S, Tatang. (2012). Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, M. (2009). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Tim Penyusun. (2010). Pedoman Operasional Tahun Akademik 2010/2011 Tentang Akademik, Kemahasiswaan dan Penelitian Skripsi dan Makalah. Pontianak: IKIP-PGRI Pontianak.
Tim Dosen UGM. (2002). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inofatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media.
Zuldafiral. (2010). Pendekatan Penelitian dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Pontianak: Pustaka Abuya.
Zuldafial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa.
(http://elsagustianristiani.blogspot.com/2012/08/pengertiankewarganegaraandan.html)
(http://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-circ-cooperative.html)
Download: 107