PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Penulis

  • Fortuna Lestari
  • Idham Azwar
  • Moad Moad

Kata Kunci:

Project Based Learning, Civic Knowledge, Pkn

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan civic knowledge siswa kelas IX A SMP Pangudi Luhur Santo Alquino Tumbang Titi melalui penerapan model project based learning (PJBL) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Rendahnya civic knowledge siswa, yang ditunjukkan oleh ketuntasan belajar hanya dengan 24,33% (rata-rata nilai 57,56) pada pra siklus, menjadi latar belakang penelitian ini.  Penelitian tindakan kelas (PTK) ini melibatkan 37 siswa sebagai subjek penelitian.  Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan signifikan civic knowledge siswa setelah penerapan model PjBL.  Ketuntasan klasikal ini meningkat menjadi 43,24% (rata-rata nilai 64,45) pada siklus I dan mencapai 81,09% (rata-rata nilai 79,86) pada siklus II.  Penelitian dihentikan bahwa pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan.  Perencanaan dan pelaksanaan PjBL ini dinilai baik, ditandai dengan penyusunan modul ajar yang terstruktur dan meningkatnya keaktifan siswa.  Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan adanya model PjBL efektif meningkatkan civic knowledge bagi siswa. 

Referensi

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta

Arikunto, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto. (2018).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Budimansyah, D, W. (2007). Civic Education ‘Konteks,Landasan, Bahan Ajar, Dan Kultur Kelas. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pasca Sarjana UPI

Budimansyah, D. (2010). Pembelajaran

Pendidikan Kesadaran

Kewarganegaraan

Multidimensional. Bandung:

Genesindo

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian

Pendidikan dan Sosial. Bandung:

Alfabeta

Darmadi, H., & MM, M. (2018).

Optimalisasi Strategi

Pembelajaran. Guepedia.

Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta

Depdiknas, 2008, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Gramedia Pustaka Indonesia

Kurniasih, dkk (2014). Implementasi

Kurikulum 2013: Konsep &

Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Mudlofir, dkk (2017). Desain

Pembelajaran Inovatif: Dari Teori

ke Praktek. Jakarta: Raja Grafindo

Persada

Muslika. (2010). Sukses Profesi Guru

dengan Penelitian Tindakan Kelas.

Yogyakarta: Interprebook

Nakada, dkk (2018). Project based

learning. Journal of the Medical

Society of Toho University.

Winarno. (2013). Pembelajaran

Pendidikan Kewarganegaraan.

Jakarta: Bumi Aksara

Winarno. (2012). Paradigma Baru

Pendidikan Kewarganegaraan

Panduan Kuliah di Perguruan

Tinggi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-24

Cara Mengutip

Lestari, F., Azwar, I., & Moad, M. (2025). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. CHARACTER AND CIVIC: JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN KARAKTER, 5(1), 29–39. Diambil dari https://jurnal.fipps.upgripnk.ac.id/index.php/PPKn/article/view/401

Terbitan

Bagian

Vol. 5 No. 1 Tahun 2025