ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PPKN DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK

Penulis

  • Danar Santoso
  • Muhammad Anwar Rube'i

Kata Kunci:

media belajar, hasil belajar, PPKn, pendekatan kualitatif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media belajar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Universitas PGRI Pontianak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa penggunaan media pembelajaran masih cenderung konvensional, sementara pendidikan abad ke-21 menuntut adanya inovasi dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai fenomena yang diteliti. Subjek penelitian terdiri dari dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan mahasiswa PPKn yang sedang mengikuti perkuliahan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, & Saldaña (2018) yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media belajar masih didominasi oleh media sederhana seperti PowerPoint dan video, dengan penggunaan media digital interaktif yang masih terbatas. Mahasiswa yang terlibat aktif dengan media pembelajaran yang bervariasi menunjukkan pemahaman dan motivasi yang lebih tinggi. Faktor pendukung meliputi kreativitas dosen, kesiapan mahasiswa, dan ketersediaan fasilitas, sedangkan hambatan yang ditemukan adalah keterbatasan sumber daya, kurangnya pemahaman dosen, dan kendala teknis. Temuan ini menegaskan pentingnya inovasi media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan kualitas pendidikan.

Referensi

Arikunto,

S.

(2019).

Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad,

A.

(2020).

Pembelajaran.

Rajawali Pers.

Media

Jakarta:

Dr. Abdul Fattah Nasution. (2023).

Metodologi

Penelitian

Pendidikan. Jakarta: Prenada

Media.

Hamalik, O. (2021). Proses Belajar

Mengajar.

Jakarta:

Aksara.

Bumi

Miles, M. B., Huberman, A. M., &

Saldaña, J. (2018). Qualitative

Data Analysis: A Methods

Sourcebook (4th ed.). Thousand

Oaks, CA: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2020). Pengembangan

dan Implementasi Kurikulum

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Rosini, L., & Adab, P. (2023).

Penelitian Pendidikan: Konsep

dan

Aplikasi.

Deepublish.

Rusman.

(2020).

Pembelajaran:

Mengembangkan

Yogyakarta:

Model-Model

Profesionalisme Guru. Jakarta:

Rajawali Pers.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R.,

Haryono, A., & Rahardjito.

(2021).

Media Pendidikan:

Pengertian,

Pengembangan,

dan Pemanfaatannya. Jakarta:

PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Pendidikan:

Pendekatan

Kuantitatif,

Kualitatif,

R&D. Bandung: Alfabeta.

dan

Suhono, T., & Al Fatta, H. (2021).

Metode Penelitian dan Statistik.

Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-08

Cara Mengutip

Santoso, D., & Rube’i, M. A. (2025). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PPKN DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI UNIVERSITAS PGRI PONTIANAK. CHARACTER AND CIVIC: JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN KARAKTER, 5(2), 144–157. Diambil dari https://jurnal.fipps.upgripnk.ac.id/index.php/PPKn/article/view/447

Terbitan

Bagian

Vol. 5 No. 2 Tahun 2025