ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK MANDIRI PONTIANAK
Abstrak
Referensi
Aji, Syah. H.R. (2020) “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran”. Jurnal Sosial & Budaya Syar’i. Volume 7, Nomor 5, Tahun 2020.
Andi, dkk. (2020) “Pembelajaran Sejarah Yang Aktif, Kreatif dan Inovatif Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi”. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah. Volume 3, Nomor 1, Tahun 2020.
Bahri, S, & Lestari T.E. (2021). “ Implementation Of Human Machine Friendship Learning In The Newnormal Era”. Journal of Education and Learning (EduLearn), Volume 15, Nomor 2, Tahun 2021.
Darmawan, Yuda. (2019). “Pengguna Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Jurusan IPS”. Skripsi. FKIP, Pendidikan Matematika.Dasopang, Darwis, & Pane, Aprida. (2017). “ Belajar Dan Pembelajaran”. Jurnal Kajian Ilmu/Keislaman, Volume 03, Nomor 2, Tahun 2017.
Djamarah, B.S & Zain, Aswan. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Firmansyah, Haris & Kurniawan, Syamsul. (2017). Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character Building. Yogyakarta: Ombak.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Belajar.
Hamid K, Abdul, & Arnesi, Novita. (2015). “Penggunaan Media Pembelajaran Online-Ofline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris”. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, Tahun 2015.
Lestari, Tipuk E. (2013). “Pengaruh Penggunaan Sumber Primer Dalam Pembelajaran IPS/Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Di MTS Swasta Al-Ikhlas Kuala Mandor B Pontianak)”. Jurnal Edukasi, Volume 11, Nomor 2, Tahun 2013.
Nasution, Nur W. (2017). “Perencanaan pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur”. Jurnal Ittihad, Volume 1, Nomor 2, Tahun 2017.
Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penulisan Bidang Sosial. Jakarta: Gajah Mada University Press.
Nurbaiti, Nirfayanti. (2019). “Pengaruh Media Pembelajaran Goggle Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa”. Jurnal Penulisan Matematika Dan Pendidikan Matematika. Volume 4, Nomor 2, Tahun 2019.
Nuriansyah, Fazar. (2020). “Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, Volume 1, Nomor 2, Tahun 2020.
Putra, AA, (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Media Google Classroom Untuk Keterampilan Menulis”. Jurnal Pendidikan, Volume 2, Nomor 2, Tahun 2017.
Rinayanti, Minik. (2020). Cara Praktis Menggunakan Google Classroom. Yogyakarta: Deepublish
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Shunhaji. (2014). “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran”. Jurnal Kependidikan, Volume II, Nomor 2, Tahun 2014.
Sugiyono. (2016) . Metode Penulisan Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penulisan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Utama, J.E, & Nugroho, B.A. (2018). “Pembelajaran Sejarah Dengan Metode Debat Aktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas X MIPA Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak”. Jurnal Pendidikan Sosial, Volume 5, Nomor 2, Tahun 2018.
Warsah, Idi, dkk. (2020). “Pemanfaatan Media Pembelajaran Online di SMK IT Rabbi Radhiyya Masa Pandemi Covid-19” Jurnal Pendidian Islam, Volume 5, Nomor 2, Tahun 2020.
Wijaya. (2017). Manusia Praaksara dan Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Beserta Hasil Budayanya. Jawa Barat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Zuldafrial. (2012). Penulisan Kuantitatif . Yogyakarta: Media Perkasa.
Download: 483