ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN (GOOGLE CLASSROOM) PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TEBAS KABUPATEN SAMBAS
Kata Kunci:
Pembelajaran Sejarah, Google ClassroomAbstrak
Referensi
Adam, S., & Muhammad, T. S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. Journal CBIS. 3 (2), 79.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. XVI (1), 99.
Ali, M. (2021). Kendala dan Persepsi Peserta Didik SMA Negeri 1 Ketumpang Barat Terhadap Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah. 9 (1), 101.
Arnesi, Novita. K. Abdul Hamid. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Volume.2. Nomor1.
Tahun 2015.
Asyhari, A., & Helda Silvia. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al- BiRuNi. 5 (1), 3.
Bahri,S.,&Emi,T.L.(2021). Implementation Of Human- Machine Friendship Learning In The New-Normal Era. Jurnal Of Education and Learning (Edulearn). 15 (2).
Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di MAN 1 Kota Tangerang Selatan. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Skripsi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara.1(4),114-
Fauziyah& MinikRinayanti. (2020). Cara Praktis Menggunakan Google Classroom. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Firmansyah, H., & Samsul Kurniawan. (2017). Desain Pembelajaran Sejarah Berbasis Character Building Berdasarkan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Haliza, Wida. (2021). Penggunaan Virtual Classroom Sebagai Media Pembelajaran Sejarah di Kelas X MIPA 1 SMAN 6 Barjarmasin. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.
Hardiana,Y.(2017).Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Peristiwa- Peristiwa Lokal di Tasikmalaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Peneliti Sejarah. 1 (1).
Hasanudin, dkk. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Clasroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bakinang. Jurnal Pendidikan Untuk Mu Negeri. 2(1).
Jannah, M., & Nurdiyanti. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar SiswaSMA pada Materi Sistem PeredaranDarahpadaManusia.
Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. 1 (1), 78.
Kurniasari, A, dkk. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar:Jurnal Kajian PendidikandanHasilPenelitian.6 (3), 3.
Mahardani, M. M. A. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. VIII (2).
Maharjono. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru. 5 (1),58.
Mahmun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah- Langkah Pemilihan Media dan Implementasnya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. X (2), 2.
Majid, A. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaran. JurnalDiskursusIslam. 4 (3),448.
Manurung, Sri Hariani. (2015). Analisis Faktor-FaktoryangMempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa MTS Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. Jurnal EduTech. 1 (1).
Millatana, M. E. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Matrik dengan Pembelajaran Blanded Learning Berbantuan Google Classroom di Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Yogyakarta. Jurnal Ide Guru, 4(2), 77.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
Download: 122