PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM MATERI KAIN CORAK LUNGGI SAMBAS TERHADAP KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1PEMANGKAT
Kata Kunci:
Model Pembelajaran STAD, Kesadaran Sejarah, Pembelajaran Kooperatif.Abstrak
Referensi
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Huda, M. (2019). Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nuryadi. Astuti, T.D, dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Widana, I. W. & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Jawa Timur: Klik Media
Dediansyah, A., & Hidayat, S. (2021). Hubungan Antara Sikap Nasionalisme Dengan Kesadaran Sejarah Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Ikip Pgri Pontianak). Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(1), 40-52.
Kusmayadi, Y., & Suryana, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantu Media Film Situs Astana Gede Kawali Terhadap Kesadaran Sejarah Siswa (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas X SMAN 1 Baregbeg). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 9(1), 15-31.
Muasmara, R., & Ajmain, N. (2020). Akulturasi Islam Dan Budaya Nusantara. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 111-125.
Nikmah, E. H., Fatchan, A., & Wirahayu, Y. A. (2016). Model pembelajaran student teams achievement divisions (stad), keaktifan dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(3), 1-17.
Suryana, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Stad Menggunakan Media Film Dokumenter Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kesadaran Sejarah Siswa Sma Plus Informatika Ciamis. AGASTYA: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 151-166.
Download: 107