INVESTIGASI PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA SMA SHALOM BENGKAYANG
Kata Kunci:
problem based learning, hasil belajar, sejarahAbstrak
Referensi
Ainun, N., & Naimi, N. (2023).Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs YPI Al-Hidayah Lubuk Pakam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1055–1059. https://doi.org/10.56832/EDU.V3I2.382
Asmi, A. R., & Pratama M.P.Y., M. (2021). Buku Ajar Pendidikan Sejarah. 8.
Brahmowisang, A. K. (2019). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan Media Film Dokumenter pada Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Wuryantoro. Historia Pedagogia, 8(1), 42–50. https://doi.org/10.15294/HISPED.V8I1.34596
Dr. Hamdani, M.A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. C.V Pustaka Setia.
Dr. Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta : Rajawali, 2013.
Husna Farhana, Awiria, Nurul Muttaqien. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Harapan Cerah, 2019.
Hutauruk, A.F. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Erlangga Pematangsiantar. Journal of Education and Historical Studies, 1 (2), 31-38.
Lestari, Emi Tipuk. Pengaruh Penggunaan Sumber Primer Dalam Pembelajaran IPS/Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa.Diss.Universitas Pendidikan Indonesia, 2011.
Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489
Purwanto.(2010). Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta : Pustaka Belajar
Sanjay, W. (2017).Penelitian Tindakan Kelas merupakan. 164. https://books.google.co.id/books?id=YMtADwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Pengertian+Tindakan+penelitian+Kelas&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwjIwIDhuPfrAhXRjOYKHTzbDSQQ6AEwAnoECAQQAg#v=onepage&q=Pengertian Tindakan penelitian Kelas&f=true
Sanjaya J.K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Teknik Jigsaw Pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Hutama Tahun Ajaran 2019-2020. Jurnal UNISAedu, vol 5 (5): 2549-1563.
Sudjana.N. (2009).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Susanti, Susi, Yulita Dewi Purmintasari, and Suwarni Suwarni.“Pengaruh penerapan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak.Edukasi: Jurnal Pendidikan 13.1 (2015): 97-104.
Download: 81