UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS X IIS PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA BINA UTAMA PONTIANAK
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Referensi
Asnewastri, A., Ginting, A. M., &Nasution, A. A. B. (2023). Pembelajaran operasional di masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan minat dan hasil belajar managemen. Jurnal Educatio Fkip.
Azka, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28-32.
Hasan, R. (2021). Penguatan Numismatika Sebagai Materi Pelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Aatas Se-Kota Gorontalo. DAS SEIN: Jurnal Pengabdian Hukum dan Humaniora, 1(2), 100-107.
Hatmono, P. D. (2021). Historiografi Buku Teks Sejarah Lokal Pada Pembelajaran Sejarah. Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata dan Budaya, 2(1), 60-74.
Khasanah, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Mata Pelajaran Alquran Hadits di MTs Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara 2022/2023 (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).
Machfiati, E. (2023). Penerapan Metode Take And Give Dalam Meningkatkan Pemahaman Asmaul Husna Siswa Kelas 4 Sd Negeri 4 Sawahan. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 3(2), 1281-1291.
Mantili, M. (2019). penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips sejarah di kelas x sma pgri-2 palangka raya. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 37-47.
Multidisiplin Madani (MUDIMA).
Musdalifah, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 47-66.
Nugroho, I. A. (2021). Model Problem Based Learning Menggunakan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Subtema Perpindahan Kalor Disekitar Kita Di Kelas V SD Negeri 132 Palembang. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 8(1).
Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember), 169-176.
Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.
Pratiwi, D. (2024). Pengembangan Kreativitas Finger Painting Untuk Merangsang Kognitif, Afektif, Dan Motorik Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 23-39.
Qiptiyyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKN Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas VIII F MTs Negeri 5 Demak. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 62-68.
Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358-369
Sukendra, I. K., Sumandya, I. W., Fridayanthi, P. D., & Surat, I. M. (2021). PKM. Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Dan Publikasi Ilmiah Guru Di Smak Negeri 3 Sukawati. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 1(2), 1-10.
Prawitasari, M., Sawitri, R., & Susanto, H. (2022). Nilai-nilai Karakter dalam Buku Teks Sejarah SMA Kelas XI di SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2287-2291.
Download: 68