INTEGRASI TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR IPS DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Eknologi Digital, Pembelajaran IPS, Pemahaman Konsep, Sekolah Dasar, Quasi-EksperimenAbstrak
Referensi
Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I.B., & Yanti, L.D. (2024) Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4(1):44-52. DOI:10.54371/jiepp.v4i1.382
Aulia, H., Hafeez, M., Mashwani, H.U., & Careemdeen, J.D. (2024). The Role of Interactive Learning Media in Enhancing Student Engagement and Academic Achievement. Conference: International Seminar on Student Research in Education, Science, and TechnologyAt: Universitas Muhammadiyah Mataram.
Bambang, S. E. M. ., Alfakihi, A., Heltien, D., Handayani, H., & Amelia, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 49–60. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/23577
Basri, W., & Rahmi, T.S. (2023). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPS Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Moral and Civic Education, 7(1), 1-16. DOI:10.24036/8851412712023733
Dewi, N. K. A. S., Suarjana, I. M., & Putra, I. K. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPS berbasis Platform TikTok untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Edutech Undiksha, 11(2), 235-245. https://doi.org/10.23887/jeu.v11i2.63451
Fabianrico, F., Indawati, L., & Putra, A. M. (2023 ). Implementasi Materi Pembelajaran IPS melalui Media Sosial TikTok dalam Memotivasi Siswa Kelas 9 di SMP Hang Tuah 4 Surabaya. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(4), 1584-1591. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.6021
Fadillah, N. (2023 ). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa IPS di MTsN 6 Blitar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4567-4574. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13456
Fatmawati, D., & Sulistyo, U. (2023). Scaffolding Digital untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran IPS Berbasis Teknologi. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 15(1), 33–48.
Fauziah, A., & Supriatna, N. (2024). Analisis Efektivitas Media Quizizz dan Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal of Education (JoE), 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.7929
Heryani, A., Wahyudin, D., & Malihah, E. (2022 ). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS Di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17–28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977
Hutabri, E., & Putri, A. D. (2019 ). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal KomtekInfo, 6(3), 1-9. DOI:10.31629/sustainable.v8i2.1575
Mariyana, W. (2024 ). Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Media Sosial. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(8), 1–11. https://doi.org/10.17977/um063.v4.i8.2024.1
Mohammad, M. M., & Sari, P. M. (2021 ). Efektivitas Kuis Interaktif Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1194–1198. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1324
Montag, C., Demetrovics, Z., Elhai, J. D., Grant, D., Koning, I., Kuss, D. J., ... & Pontes, H. M. (2024 ). Problematic social media use in childhood and adolescence. Addiction, 119(5), 798-800. https://doi.org/10.1111/add.16403
Nurhadi, S. (2025). Model Blended Learning pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. EduTech: Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(1), 14–29.
Download: 155