PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA SMK

Penulis

  • Rosmayanti Rosmayanti

Abstrak

Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan  Menulis Puisi Pada Siswa Kelas XI Tehnik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Nangan Pinoh Tahun Ajaran 2017/2018, Bertujuan untuk meningkatkankualitas proses dan kualitas hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas XI Tehnik Komputer Jaringan  SMK Nengeri 1 Nanga Pinoh tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan metode field trip.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwadapat meningkatkan kualitas proses ini ditunjukkan dari persentase keaktifan dan kesungguhan siswa dalam menulis puisi yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang aktif dan bersungguh-sungguh sebesar 65,38% meningkat menjadi 88,46% pada siklus II; dan dapat meningkatkan kualitas ini ditandai dengan meningkatnya persentase siswa yang telah mencapai nilai ketuntasan (≥63), yakni pada siklus I sebesar 50% naik 34,6% pada siklus II menjadi84,6%.

Biografi Penulis

Rosmayanti Rosmayanti

Guru SMK Negeri 1 Nanga Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat

Referensi

Andayani. 2008. Pembelajaran Apresiasi Sastra Berbasis Quantum Learning di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Budi Prasetyo. 2007. “Peningkatan Pembelajaran Menulis Puisi dengan Strategi Pikir Plus”. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2,57-63.

Burhan Nurgiyantoro. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.

Ilam Maolani. 2007. Metode Pembelajaran. Dalam http://ilam-maolani.blogspot.com/2007/12/metode-pembelajaran.html, diakses pada 2 Januari 2010.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.

Bandung: Rosdakarya

Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Penilaian Kelas Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan SMP/MTs. Badan Penelitian dan Pengembangan KTSP: Depdiknas.

Rachmat Djoko Pradopo. 2009. Pengkajian Puisi. Cetakan XI. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rachmat Djoko Pradopo. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Cetakan II. Yogyakarta: Pustaka .

Rochiati Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan VII. Jakarta: Rineka Cipta.

S. Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-9. Jakarta: Bumi Aksara.

Sarwiji Suwandi. 2005. Bahasa dan Notasi dalam Karya Tulis Ilmiah. Materi Perkuliahan Mata Kuliah Menulis Ilmiah. Surakarta: UNS Press.

. 2009. Model Asessmen dalam Pembelajaran. Surakarta: PSG Rayon 13 FKIP UNS.

Siti Zulaikhoh. 2009. Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali. Skripsi:UMS.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-07

Cara Mengutip

Rosmayanti, R. (2022). PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA SMK. HISTORICA DIDAKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH, BUDAYA DAN SOSIAL, 2(1), 81–86. Diambil dari https://jurnal.fipps.upgripnk.ac.id/index.php/SEJARAH/article/view/96

Terbitan

Bagian

Vol. 2 No.1 Tahun 2022