PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA SMK
Abstrak
Referensi
Andayani. 2008. Pembelajaran Apresiasi Sastra Berbasis Quantum Learning di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
Budi Prasetyo. 2007. “Peningkatan Pembelajaran Menulis Puisi dengan Strategi Pikir Plus”. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2,57-63.
Burhan Nurgiyantoro. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Ilam Maolani. 2007. Metode Pembelajaran. Dalam http://ilam-maolani.blogspot.com/2007/12/metode-pembelajaran.html, diakses pada 2 Januari 2010.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.
Bandung: Rosdakarya
Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Penilaian Kelas Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan SMP/MTs. Badan Penelitian dan Pengembangan KTSP: Depdiknas.
Rachmat Djoko Pradopo. 2009. Pengkajian Puisi. Cetakan XI. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rachmat Djoko Pradopo. 2003. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Cetakan II. Yogyakarta: Pustaka .
Rochiati Wiriaatmadja. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan VII. Jakarta: Rineka Cipta.
S. Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-9. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarwiji Suwandi. 2005. Bahasa dan Notasi dalam Karya Tulis Ilmiah. Materi Perkuliahan Mata Kuliah Menulis Ilmiah. Surakarta: UNS Press.
. 2009. Model Asessmen dalam Pembelajaran. Surakarta: PSG Rayon 13 FKIP UNS.
Siti Zulaikhoh. 2009. Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali. Skripsi:UMS.
Download: 212